Download Contoh Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak / Siswa PAUD (TK KB TPA SPS). Buku inventaris buku perpustakaan guru PAUD adalah buku inventaris yang digunakan untuk pencatatan inventaris buku-buku yang dapat dibaca dan digunakan anak maupun pendidik selama pembelajaran.



Dengan adanya buku inventaris buku perpustakaan anak ini, semua buku yang disediakan untuk anak akan terkendali dan dapat dilakukan kontrol apabila dalam acara pembelajaran terdapat buku yang sobek atau ada buku yang belum dikembalikan oleh anak.

Pencantuman Identitas Kepemilikan Buku

Semua bahan pustaka dalam hal ini koleksi buku perpustakaan yang dimiliki harus diberi tanda atau label identitas kepemilikan. Tanda ini pada umumnya berupa stempel yang memang khusus didesain untuk pemberian tanda identitas pada bahan tercetak.

Jika ayah bunda belum memilikinya, cukup menggunakan stempel sekolah yang diberikan tanggal saat buku diterima di sekolah. Dengan demikian buku tersebut jelas kepemilikannya dan tidak ada pihak lain yang mengklaim kepemilikannya.

Download koleksi lengkap dokumen administrasi PAUD klik disini.

Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak / Siswa PAUD, pencatatan inventaris buku-buku yang dapat dibaca dan digunakan anak maupun pendidik selama pembelajaran.

Contoh Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak / Siswa PAUD

Gunakan kertas ukuran A4 atau ukuran letter untuk mencetak dokumen ini dalam format DOC MS Word. Download contoh format buku inventaris buku perpustakaan anak ini dan edit sesuai dengan lembaga ayah bunda. Link tautan download sudah disediakan di bawah ini, untuk penampakan atau preview dokumen dapat dilihat pada tampilan di bawah ini.



INFO PENTING
Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Pusat Perpustakaan PAUD

Pusat perpustakaan PAUD adalah ruang yang jelas yang dapat digunakan anak-anak secara mandiri untuk menelusuri buku. Perpustakaan kelas memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman belajar anak usia dini berkualitas tinggi yang memperkaya perkembangan bahasa dan kosa kata.

Baca Juga:  Download Contoh Tata Tertib Pendidik / Guru PAUD TK KB

Di lembaga KB, TPA, dan TK, perpustakaan harus menjadi tempat yang ramah anak di mana anak-anak kecil dapat melihat, atau “membaca” buku. Area perpustakaan harus menjadi ruang yang jelas dan terdefinisi di kelas dengan tempat bagi siswa untuk duduk dan membaca.

Guru bisa menambahkan beberapa sentuhan “homey” pada area ini seperti lampu, gorden, kursi atau furnitur, dan lainnya. Saat ayah bunda membuat area yang mengundang untuk membaca, siswa cenderung ingin menghabiskan waktu di pusat perpustakaan sekolah PAUD itu.

Mengapa Membuat Perpustakaan PAUD?

Salah satu tujuan utama dari setiap guru anak usia dini adalah untuk membantu anak-anak mengembangkan kecintaan membaca dan buku. Membaca membutuhkan banyak keterampilan dan latihan, dan untuk berlatih ayah bunda membutuhkan buku. Sederhana saja, semakin banyak anak terpapar buku, semakin mereka belajar untuk mencintai buku.

Cara Mengatur Perpustakaan PAUD

Konsep perpustakaan PAUD mungkin keren, namun coba bayangkan begitu anak-anak masuk dalam sekejap akan berubah menjadi lautan kertas. Tapi ada satu hal, anak-anak tidak akan merusak perpustakaan kelas jika guru mulai mengajar mereka sejak hari pertama sekolah bagaimana melihat dan merawat buku di kelas.

Trik bermanfaat lainnya yang bekerja sangat baik dengan anak usia empat dan lima tahun adalah mengelompokkan buku berdasarkan tema, lalu memberi kode warna pada buku dengan titik tempel berwarna.