TERBARU!! Contoh Program Tahunan TK Kurikulum 2013 Prota tk kelompok a dan prota tk kelompok b selama 1 tahun lengkap untuk semester 1 dan semester 2. Penyebutan TK A atau TK Kelompok A adalah layanan PAUD untuk anak usia dini usia 4-5 tahun; sementara TK B atau TK Kelompok B adalah layanan PAUD untuk anak usia dini usia 5-6 tahun.



Contoh Program Tahunan PAUD Kurikulum 2013 PROTA DOC contoh program tahunan paud contoh program tahunan paud kurikulum 2013 contoh program tahunan paud non formal contoh program tahunan paud 2010 contoh program tahunan paud 2013 contoh program tahunan paud usia 5-6 tahun contoh program tahunan paud/tk contoh program bulanan paud contoh program semester paud 2012 contoh format program tahunan paud contoh program tahunan untuk paud contoh program pembelajaran tahunan paud contoh tabel program tahunan paud contoh program tahunan paud 2013 tk kb tpa sps artikel contoh program tahunan paud

Prota Program Tahunan TK Kelompok A B Kurikulum 2013

Contoh prota atau program tahunan TK semester 1 dan semester 2 terbaru kami hadirkan berbeda dengan contoh program tahunan paud untuk layanan tk kurikulum 2013 sebelumnya dan lebih lengkap tentunya. Silahkan edit protah tk ini menyesuaikan kebutuhan sekolah PAUD ayah bunda.

Kali ini contoh program tahunan paud terbaru TK kelompok B dan prota TK kelompok A dibuat selama satu tahun penuh dan diberikan secara detail. Semoga dapat menginspirasi ayah bunda pendidik PAUD Indonesia dalam membuat contoh format program tahunan taman kanak-kanak sesuai Kurikulum PAUD 2013 terbaru.

Rencana program tahunan prota TK adalah rencana yang berisi tentang rencana kegiatan penerapan kurikulum yang mendukung perkembangan dan belajar anak secara holistik-integratif secara Iangsung maupun tidak langsung dan diperuntukkan untuk anak usia dini usia.

CATATAN: Perbedaan program tahunan dan program kerja lembaga adalah program kerja tahunan dalam kurikulum berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan kegiatan penunjang pembelajaran yang sudah ditentukan dalam kalender akademik.

Sementara, Program kerja PAUD baik TK/KB/TPA adalah program yang ditentukan lembaga untuk pengembangan dan penguatan kelembagaan misalnya peningkatan kapasitas guru, pembangunan gedung sekolah dan pengadaan alat peraga edukasi.



Download Prota Program Tahunan TK Kelompok A dan B

Ayah bunda dapat menggunakan link tautan berikut ini untuk mendapatkan contoh prota tk kelompok A maupun prota tk kelompok B sesuai Kurikulum 2013 PAUD terbaru. Setelah menguduh file prota silahkan edit sesuai dengan visi misi tujuan sekolah PAUD ayah bunda. Contoh Program Tahunan prota tk Kurikulum 2013 semester I dan semester II dapat di download melalui link tautan berikut ini.

File diberikan dalam format doc yang dapat di edit dengan mudah. Semoga bermanfaat… Untuk tampilan atau preview prota tk K13 ini seperti apa bentuknya bisa dilihat berikut ini.

Baca Juga:  Contoh Program Semester & Tahunan PROMES PROTAH

Best Practice

Anak-anak usia dini membutuhkan waktu untuk menyerap informasi yang mereka dapatkan; mereka tidak dirancang untuk duduk diam dan mendengarkan saat seorang guru mencentang semua kotak dalam rencana pelaksanaan pelajaran.

Dalam pengaturan kelas anak usia dini, guru harus memfasilitasi dan membimbing instruksi. Anak-anak usia dini membutuhkan waktu untuk menjelajah melakukan eksplorasi dan bertanya–dan untuk bermain–dengan semua pengetahuan yang seorang guru coba berikan kepada mereka.

Seorang guru PAUD merencanakan satu tahun sebelumnya karena merencanakan semuanya memungkinkan seorang guru untuk fokus pada implementasi daripada menekankan tentang apa yang akan guru ajarkan pada hari berikutnya. Catatlah semua ide di satu tempat sehingga kita sebagai guru tidak melupakan satu ide cemerlang.

Dengan menulis rencana pelajaran usia dini, kita harus sudah tahu apa yang harus diajarkan dan kapan sehingga “waktu perencanaan pelajaran” hanya dihabiskan untuk mengumpulkan bahan dan manipulatif.

Dan ini dapat menghemat banyak waktu! Artinya, kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan lebih sedikit waktu untuk merencanakan usia dini.

Teruslah membaca referensi bisa melalui PAUD Jateng atau artikel ilmiah dan Ayah bunda akan melihat bahwa memiliki rencana pelajaran usia dini yang disusun selama satu tahun tidak berarti kita menulis naskah pengajaran; masih ada banyak ruang untuk penyesuaian dan perubahan sesuai kebutuhan siswa kita.

Ingin Prota Kelompok Bermain / KB

Apabila ayah bunda ingin mendpatkan program tahunan kelompok bermain, kami juga sudah sediakan di website PAUD Jateng ini, Silahkan Lihat. Semoga bermanfaat dan maju terus PAUD Indonesia menuju tahun 2045!